Home » » Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar

Oleh: M. Asrori Ardiansyah, M.Pd
Pendidik di Malang

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar
Belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, menurut Suryabrata (1987:249-254) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses belajar adalah faktor internal dan faktor eksternal, adapun pembagian faktor internal dan eksternal akan dijelaskan sebagai berikut:
1. Faktor Internal
Adalah faktor yang mempengaruhi dari dalam diri seseorang. Faktor internal terbagi menjadi dua bagian yaitu:
a. Faktor-faktor fisiologis
Adalah faktor atau pengaruh secara fisik dalam belajar, faktor fisiologis masih digolongkan menjadi dua golongan yaitu:
1). Jasmani
Jasmani akan berpengaruh besar terhadap belajar anak, yaitu jika jasmani kurang segar (sehat), lesu, mudah mengantuk pengaruhnya besar terhadap belajar, lain dengan anak yang semangat, sehat sehingga tidak mudah lelah. Adapun yang berpengaruh terhadap hal di atas adalah:
i. Nutrisi yang cukup, sehingga tidak menjadikan lesu, lelah dan lekas mengantuk.
ii. Beberapa penyakit kronis yang dapat mengganggu belajar, seperti pilek, influenza, sakit gigi, batuk. Dan penyakit ini yang sering mengganggu aktivitas belajar.

2). Keadaan fungsi-fungsi fisiologis tertentu
Keadaan fungsi fisiologis tertentu terutama panca indra. Karena panca indra merupakan pintu masuk yang berpengaruh terhadap individu. Dan manusia mengenal segalanya melalui panca indra. Panca indra yang paling berperan dalam pembelajaran adalah telinga dan mata. Kedua panca indra ini memegang peranan penting. Ketika belajar siswa melihat apa yang dilihat dan mendengarkan apa yang didengar, kemudian ditransfer dalam bentuk kegiatan. Untuk menjaganya, harus diperiksa oleh dokter secara periodik. Selain itu, penyediaan dan penggunaan media (alat-alat) pembelajaran harus memenuhi syarat, penempatan siswa di kelas dapat mempengaruhi juga.

b. Faktor-faktor psikologis
Faktor psikologis yaitu faktor yang muncul pada jiwa siswa. Dalam hal ini, meliputi: motivasi, minat, aktivitas belajar, perhatian, tanggapan dan variasi metode, berfikir, ingatan, perasaan, fantasi dan pengalaman.

Secara garis besar, motivasi adalah perubahan energi dalam diri pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini, motivasi dapat dilihat dari perubahan yang muncul pada diri seseorang, ditandai dengan munculnya perasaan dan reaksi-reaksi mencapai tujuan (Hamalik, 2001:158-159). Motivasi menurut (Hodgetts:1996) dalam Suryabrata adalah belajar merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri individu (siswa) yang menimbulkan kegiatan belajar.

Siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang memuaskan karena didorong oleh keinginan dan kebutuhan. Selanjutnya motivasi akan berpengaruh terhadap minat dan sikap seseorang, secara tidak langsung mereka (siswa) akan terpengaruh sikapnya sebagai pengaruh dari motivasi dan minat.

Aktivitas, tanggapan dan variasi dalam pembelajaran kelas dapat berpengaruh terhadap belajar siswa, cara berfikir, fantasi serta pengalaman yang pernah terjadi dalam kehidupan siswa juga sangat berpengaruh terhadap belajar.

2. Faktor Eksternal
Adalah faktor dari luar siswa. Hal ini dapat digolongkan menjadi dua yaitu, faktor non-sosial dan faktor sosial.
a. Faktor non-sosial
Faktor non-sosial dapat dikatakan tidak terhitung jumlahnya seperti, keadaan udara, suhu, cuaca, waktu (pagi, siang, malam), tempat (letak dan gedungnya), alat-alat yang dipakai untuk belajar (alat tulis, alat peraga). Faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap belajar siswa, seperti sekolah yang terletak di pusat kota, dekat pasar, jalan raya dan sebagainya, akan menimbulkan kebisingan sehingga mengganggu kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan.

b. Faktor sosial
Yang dimaksud faktor sosial adalah faktor manusia (sesama manusia), baik ada maupun tidaknya. Seperti ketika kegiatan sedang berlangsung terdengar orang bercakap-cakap, melihat orang hilir mudik. Dan hal ini mengganggu proses belajar terlebih pada konsentrasi belajar, dan pada imbasnya akan berpengaruh terhadap hasil belajar (Suryabrata, 1987:249-254).


Sumber: www.kabar-pendidikan.blogspot.com, www.arminaperdana.blogspot.com, www.kmp-malang.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Blog Kabar Pendidikan

0 Komentar:

 
Support : Majalah Pendidikan | INSPIRE Consulting | Gudang Makalah | Grosir Laptop
Copyright © 2011. Majalah Pendidikan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger