Home » » Kuliah dan Beasiswa di Brunei Darussalam

Kuliah dan Beasiswa di Brunei Darussalam

“Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Mujadilah:11)

Rasa syukur yang amat mendalam kami haturkan kepada Allah yang selalu membuat cerita yang lebih indah dari apa yang kita bayangkan dan rencanakan. Allah yang selalu menempatkan hamba-hamba-Nya pada tempat yang sesuai dengan kekuatannya masing-masing. Allah yang selalu mengajarkan dan memberikan hikmah dari setiap kejadian yang dialami oleh semua makhluk. Dialah yang telah mengatur segala apa yang terbaik bagi kami sehingga kami bisa melanjutkan studi di Brunei Darussalam.

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang mengandalkan pertanian dan sumber daya alam sebagai devisa utama bagi negaranya. Pengelolaannya dilakukan secara profesional sehingga terbentuklah kestabilan dalam perekonomiannya untuk mengatur kehidupan masyarakat beserta warganya secara menyeluruh. Dengan kekayaan itu pulalah Brunei Darussalam dapat membebaskan segala administrasi yang berkenaan dengan pendidikan atau segala hal yang dapat menciptakan masyarakat madani, intelektual, dengan muatan Islam yang sangat baik.

Di Brunei terdapat beberapa perguruan tinggi dengan kekhasannya masing-masing. Perguruan tinggi-perguruan tinggi tersebut adalah Universiti Brunei Darussalam (UBD), Institut Teknologi Brunei (ITB), Sultan Hassanal Bolkiah Institute, dan Universiti Islam Sultan Sharif Ali (Unissa).

Universiti Islam Sultan Sharif Ali didirikan pada 1 Januari 2007. Dalam umurnya yang masih muda, universitas tersebut berusaha untuk selalu mengepakkan sayapnya dalam dunia keilmuan khususnya pengembangan keilmuan yang bernafaskan nilai-nilai Islam. Oleh karena itu fakultas-fakultasnya pun berbeda dengan yang ada di UBD atau ITB. Universitas ini memiliki empat fakultas, yaitu: Fakultas Bahasa dan Tamadun Islam, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah dan Hukum, serta Fakultas Bisnis dan Manajemen. Selain itu juga terdapat Pusat Pengetahuan dan Pembelajaran Bahasa, Pusat Penelitian Madzhab Syafi’i, dan Pusat Pembelajaran dan Penelitian bagi Sarjana (Master).

Unissa menyelenggarakan program diploma (sarjana muda), sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3). Program sarjana ditempuh selama 4 tahun, magister 2 tahun, dan doktor filosofi (PhD) 3 tahun. Kecuali program doktor, pihak universitas mewajibkan mahasiswanya hafal beberapa juz al-Qur’an. Untuk program sarjana hafal 4 juz dan magister 2 juz.

Di Unissa terdapat 8 mahasiswa Indonesia: 1 mahasiswa S1 (Fakultas Syariah dan Hukum), 6 mahasiswa S2 (2 di Fakultas Syariah dan Hukum dan 4 di Fakultas Bahasa dan Tamadun Islam), dan 1 mahasiswa S3 (Fakultas Syariah dan Hukum).

Program perkuliahan dibagi menjadi dua semester dalam setahun yang dimulai pada Agustus untuk semester pertama dan Januari untuk semester kedua. Liburan perkuliahan semester pertama selama satu bulan (Desember) dan semester kedua tiga bulan (Mei-Juli).

Perkuliahan disampaikan dengan metode ceramah serta dialog mahasiswa dengan dosen yang selalu diadakan setelah perkuliahan pertama, khususnya bagi mahasiswa program sarjana dan doktor. Mereka diharapkan dapat mengembangkan fikiran-fikirannya dalam dialog tersebut.

Ada beberapa kelebihan yang sangat senang kami rasakan yaitu komunikasi antara dosen dengan mahasiswa terjalin sangat indah dan harmonis. Hal ini tergambar ketika kami merasakan kesulitan dan langsung bertanya pada salah satu dosen di ruangannya. Seluruh dosen tidak merasa terbebani dengan hal itu. Mereka justru senang dan tambah bersemangat menerangkan apa yang ditanyakan oleh mahasiswanya.

Tidak hanya itu, kami sebagai mahasiswa juga sangat mudah bertemu dengan para dosen serta pejabat di universitas untuk konsultasi maupun meminta bantuan yang berkenaan dengan civitas akademika. Mereka sangat senang dapat membantu mahasiswa-mahasiswa yang memerlukannya.Oleh karena itu, kami cepat bisa beradaptasi dengan lingkungan kampus karena kami merasa senang dan seperti di rumah sendiri.

Tenaga pengajar atau dosen di universitas-universitas Brunei sangat kompeten di bidangnya masing-masing. Hal ini membuat kami tidak ragu-ragu untuk selalu bertanya tentang apa saja mengenai materi-materi yang belum kami fahami. Fakta ini sangat jauh dari pendapat ataupun penilaian orang bahwa universitas-universitas di Brunei belum bisa bersaing dengan universitas-universitas di negara lain. Rata-rata dosen di sini lulusan dari Mesir, Amerika Serikat, dan Madinah.

Tak jauh berbeda
Kehidupan sehari-hari di Brunei, mulai dari makanan sampai pergaulan, tidak jauh beda dengan Indonesia. Itu juga yang membuat kami cepat bisa beradaptasi karena sudah seperti di negara sendiri. Tetapi ada juga beberapa hal yang sangat berbeda dengan yang kami temukan di Indonesia, seperti bahasa Melayu Brunei yang terkadang tidak kami fahami sama sekali. Selain itu, sistem kerajaan tidak membenarkan demokrasi seperti halnya di Indonesia. Akan tetapi semuanya berjalan dengan baik dan harmonis karena keramahan penduduknya meskipun kami tidak kenal.

Selain itu, ada yang menambah rasa senang di hati hidup di negara ini yaitu budaya salam antarsesama pejalan kaki, khususnya di masjid dan perguruan tinggi-perguruan tinggi, sehingga kami tidak merasa asing di negara lain. Nilai-nilai keislaman dijaga dengan baik dan dijunjung tinggi oleh seluruh penduduk Brunei; antara anak muda dengan orang tua, antara pejalan kaki dengan pemakai jalan, dan yang lebih penting yaitu ilmu-ilmu yang diajarkan dengan baik dan memiliki nilai keislaman tinggi sehingga kami terlindungi dari ajaran-ajaran yang tidak benar. Hal-hal ini yang membuat kami merasa nyaman hidup di Brunei.

Demikian beberapa pengalaman kami dalam mengikuti perkuliahan di Universitas Islam Sultan Sharif Ali. Jika ada kekurangan mengenai universitas-universitas lain di Brunei yang belum termaktub atau ada sesuatu hal yang tidak berkenan di hati, kami mohon maaf. Semoga tulisan ini bermanfaat. Amin.


Peluang Beasiswa
Pemerintah Brunei Darussalam setiap tahun memberikan beasiswa untuk mahasiswa asing. Pendaftaran beasiswa biasanya pada bulan Januari-Februari atau bulan November-Desember. Syarat-syarat pendaftarannya sebagai berikut:

1. Fotokopi paspor
2. Fotokopi ijazah dan nilai akhir
3. Fotokopi akte kelahiran
4. Fotokopi surat tanda kecakapan dari kepolisian setempat (dari Polda lebih baik)
5. Sertifikat-sertifikat yang berbahasa Inggris atau tidak (diharapkan yang sesuai dengan program yang akan diambil)
6. Mengisi formulir dan difotokopi sesuai dengan yang diperlukan
7. IELTS 6.0 atau TOEFL minimum 550 bagi perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Catatan: ketujuh syarat di atas ditulis dengan bahasa Inggris.
Setiap universitas menawarkan beasiswa yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan dari universitas yang bersangkutan. Beasiswa dari Menteri Pendidikan seperti yang kami terima saat ini meliputi: (1) Pembebasan biaya administrasi universitas (kecuali iuran untuk keperluan universitas), (2) Tiket pesawat untuk pemberangkatan ketika studi dan pulang ke negara masing-masing ketika sudah menyelesaikan studi, (3) Uang asrama dan makan tiga kali sehari, (4) Pembebasan biaya rumah sakit jika biaya pengobatan lebih dari B$3 atau sekitar Rp 20.400 (kurs B$1= Rp 6.800), dan (5) Uang beasiswa yang meliputi: uang bulanan sebesar B$500, uang buku untuk setahun sebesar B$600, dan uang bagasi pesawat sebesar B$250 untuk negara ASEAN dan B$500 untuk luar ASEAN.

Oleh: Ahmad Fanani
Mahasiswa S2 Universitas Islam Sultan Sharif Ali

Sumber
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Blog Kabar Pendidikan

36 Komentar:

Anonymous said...

kang mau nanya, klo biaya kuliah dan hidup di sana gmana? saya rencana mau ngambil s2 djurusan hum islam dgn biaya sendiri. sekaligus persyaratannya. makasih. kirim ke email adhi_azero@yahoo.com

muhammad abdillah said...

assalamualaikum,saya mau nanya biaya kuliah per semester berapa tanpa beasiswa...??trus klau tahun sekarang masih buka ga pendaftarannya saya mau ngambil yang s1 masih bisa ga...??
thank,s,,
wassalam...

Anonymous said...

mau bangeeet deh. tapi di sana biaya hidup sama biaya kuliah berapa ya kira kira?

Nur Alim said...

tolong kirim informasi ngajukan beasiswanya kemana... apa harus punya tes toefl untuk S1

hasan said...

saya sudah mengajukan s2 jurusan syari'ah untuk 2012/2013
tetapi tidak makai paspor, karena belum buat paspor.
minta bantuannya untuk di cek ya..
ini alamat email saya: elhasan83@gmail.com
terima kasih

Anonymous said...

Kirimx kemana? M0h0n info lanjt. Email. New_zha@ymail.com atau 085790911977

ahfajfaf said...

mas, mo tnya
kalo cari beasiswa ke ITB(institut teknologi brunei) buat lintas jalur dari diploma kira2 ada gak ya?
trm kasih

Husni said...

Asslamkum. Subhanallah,, Ajib. Menarik bgt ust. Smoga Ust studinya lancar dan sukses amin. Sy berminat sekali dg Kampus antum. sy, ingin tahu lebih lanjut prosedur / mekanisme pendaftaran S2 kalau pakai via email/semisalnya. sbb, mengingat posisi sy skrg di Kairo, al-Azhar University, insy. bbrp bulan kdepan akn wisuda s1. Mohon infonya lebih lanjut dri ust Asrori yg baik, sy tunggu dg senang hati di email huznimubarok@yahoo.co.id.

Syukron Jazakallahu ahlal jaza'
wassalamualaikum. wr. :-)

Raihan Azis said...

mohon informasi lengkapnya untuk mengajukan beasiswa di brunei darussalam.....ini alamat email saya: raihan_azis@yahoo.com

Anonymous said...

mohon informasi selengkapnya untuk pengajuan beasiswa s2 di UNISSA. ini email saya: raihan_azis@yahoo.com

Anonymous said...

Assalamualaikum Wr.wb
subhanallah terimakasih kang ats infonya dan saya tertarik untuk dapat kuliah s2 di brunei Darussalam, syukur2 kalo saya dapat beasiswa, oh ia mohon info prosedur cara mendapatkan beasiswa or cara daftar kuliah di universitas antum saya ingin mengambil kuliah s2 jurusan psykologi pendidikan atau kalo gak ada boleh di menejemen, mohon infonya kang, kebetulan saya sekarang masih di yaman dan akhir tahun 2012 ini insyallah saya akan pulang dan melanjutkan s2 di sana, mohon infonya ditunggu di kirim email ke : nda_arhonie@yahoo.co.id or kirim pesan lewat +967715138399 dan +967736152895 dan ini blog ana http://ibnuellater.blogspot.com/ makasih, sukses ya kang thx BAKRONI LATAR

rahmi zaimsyah said...

ASSALAMUALAIKUM kang,, saya tertarik sekali untuk melanjutkan s2 dii brunai sprti anda,yaa walaupu masa s1 saya blm selesai,, tapii saya ingi sekali menjalani proses pendidikan s2 beasiswa dii sana,, mohon doa nya yaa kang,, wassalam..

chairil anwar said...

Asslamualikum ustaz ana berminat lnjut S2 jurusan syariah di universitas antum tlong info beasiswanya ustaz ini email ana pastio57@gmail.com

zee said...

assalamualaikum, mas saya tertarik untuk kerja dan ngambil S2 disana, mohon infonya tentang biaya hidup dan beasiswa disana ini email saya azzahra_izza@yahoo.com

terimakasih
wassalamualikum,

Fitrah pustaka said...

mas, mau nanya... setelah persyaratannya lengkap trus dikirim ke mana?. dan jurusan yang pakai bahasa jurusan kuliah apa aja? tks

Anonymous said...

Assalamualaikum....kak disana biaya hidup dan kuliah berapa untuk 1 semester?oya untuk sertifikat sebagai persysratan tadi wajib atau tidak?saya pengen bgt kuliah disana...tolong krimkn di amail saya nardaputri@yahoo.co.id

aldi reza sastrawan said...

assalamuaaikum,,,,dengan pengetahuan ini saya jd semakin tertarik untuk melanjutkan program pasca sarjana saya ke UNISSA,,,nah untuk perincian biyaya yg lebih detailnya saya ingin mengetahuinya lebih,,,,,dan persyaratan yang lain selain itu ada ngaak,,,,klo ada mhn kabar beritanya dari antum sdr.Ahmad Fanani
ini email saya aldirezasastrawan@yhoomail.com

tolong dan mohon kabarnya ya ust,,,,,

aldi reza sastrawan said...

maaf ust,,ni email saya,,
aldirezasastrawan@yahoomail.com
twitter saya @RezaSastrawan
facebook saya:aldi reza sastrawan

corry said...

universiti di brunai ada gk fakultas kedokterannya?? trims

corry ocvita said...

universiti di brunai ada gk fakultas kedokterannya?? trims

corry ocvita said...

universiti di brunai ada gk fakultas kedokterannya?? trims

anni syifa said...

Assalamu'alaikum, saya Anni, saya mau daftar di UNISSA, kira2 formulirnya itu dikirim ke kedubes brunei d Indonesia atauu langsung ke sana..?
saya mau ambil S1 fakultas Ushuluddin,
balas ke email saya ya.,
vha.creator@gmail.com
syukron..

anni syifa said...

Assalamu'alaikum, saya Anni, saya mau daftar di UNISSA, kira2 formulirnya itu dikirim ke kedubes brunei d Indonesia atauu langsung ke sana..?
saya mau ambil S1 fakultas Ushuluddin,
balas ke email saya ya.,
vha.creator@gmail.com
syukron..

Anonymous said...

Temen2 semua. Ada yg punya contoh pengisian form beasiswa pem brunei? Soalnya campur campur. Kirim ke e-mail saya koencoro.45@gmail.com
Thanks

Sheefa rachma said...

Assalamu'alaikum,alhamdulillah setelah membaca artikel ini saya semakin tertarik untuk melanjutkan dirosah ke Brunei Darussalam.Saya mohon infonya untuk Jurusan Bahasa Arab. Ini alamat email saya sheefarachma@gmail.com

jazakumullah khoiron
wassalamu'alaikum... :)

Ahmad Amri Amiruddin said...

Assalamu alaikum,trims atas informasinya.
wah mau banget ke brunei lanjut beasiswa, insyaALLAH,

ana mau nanya, toefl yang di minta 550 boleh yg ITP?
ana udah lihat formnya. kok tidak ada toefl yah yg d minta. cuman english proficiency?

gmn yah tolong bantu mas. :D thanks. jazakallah khairan.

ini email saya
ahmad081104157@gmail.com

lelalel said...

assalaamu'alaykum..
mohon info lebih lanjut mengenai beasiswa S1 nya. email saya : g_bolz11@yahoo.co.id.terimakasih :)

allfitri raga putti said...

assalamualaikum, saya pelajar smk di kota jambi. saya sangat tertarik dengan beasiswa ini, namun saya belum lulus (masih kelas 3), jadi saya blm memiliki ijazah. apakah saya bisa mendapat beasiswa tersebut?

chaer omar said...

assalamualaikom..... bang mau nanya kalau kita mengajukan proposal beasiswa ke Brunae kira-kira berpa persen peluang untuk diteriama. trimakasih tolong kirim balasannya kesini yak omarchaer101@gmail.com trimakasi

Anonymous said...

Assalamulaikum..
sy mw tw ttg pengirimn berkas2nya. langsung ke email brunei atau hrs melalui kedubes brunei di indo..??
tlg infonya. email sy etrydequinnluv@gmail.com
Jazakallah khair :D

software-engineering-1D said...

assalamualaikum

saya mau nanya kang, setelah semua syarat di penuhi.. mesti di antar kmn syarat2 tersebut..... dan bagaimana cara nya untuk mengetahui kalau kita lulus ?? terus universitas disana ada yg untuk s2 di bidang komputer gak ?? terima kasih sebelum nya

mohon di balas ke email saya : yayan_theredsand@yahoo.com

Anonymous said...

Assalamualaikum ,salam kenal mas ,saya Nandhi,,syarat pertamanya paspor ya mas,,biasaya biaya untuk mengurusi paspor itu berapa mas,oya ada tes gak mas untuk mendapatkan beasiswa brunei,saya insyaALlah juli lulus S1,mohon infonya juga ya mas buat beasiswa S2 di atas.email saya rorogesangnandhi@gmail.com Trimakasih

Nisa Amalia said...

Assalamu'alaikum. saya mau nanya, kalau kita mau daftar non beasiswa itu gimana caranya ya?

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb.
Saya mau ngelanjutin s2 di brunei, untuk jurusan sains/manajemen ada di univesitas apa aja di brunei? Mohon infonya ke email saya ginamipa@yahoo.co.id, terimakasih

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb.
Saya mau ngelanjutin s2 di brunei, untuk jurusan sains/manajemen ada di univesitas apa aja di brunei? Mohon infonya ke email saya ginamipa@yahoo.co.id, terimakasih

Overseaszone said...

Permisi..

Jika ada yang ingin studi di luar negeri seperti di australia, New Zealand atau USA bisa menghubungi saya ya. Kami juga menyediakan program sekolah menjadi PILOT & Pramugari. info lebih lanjut bisa hubungi saya di email: info@overseaszone.com atau add id Skype: overseaszone

thank you

 
Support : Majalah Pendidikan | INSPIRE Consulting | Gudang Makalah | Grosir Laptop
Copyright © 2011. Majalah Pendidikan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger