Home » » Animasi Kimia untuk Pembelajaran Kimia

Animasi Kimia untuk Pembelajaran Kimia

Aktivitas mencari animasi kimia bagi siswa atau guru merupakan aktivitas yang cukup sekali saja kita lakukan, dengan catatan setelah kita mengunduh (donwload) selanjutnya kita tinggal membuka hasil downloadan tadi untuk digunakan lagi lain waktu. Animasi kimia dalam bahasa Indonesia jumlahnya tidak banyak, sedangkan orang yang mau berbagi kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu dalam pencarian kita juga mesti menggunakan bahasa Inggris. Jadi kata kunci yang dapat digunakan misalnya “chemistry animation”. Berikut screenshoot hasil pecarian menggunakan search engine google.

Deretan hasil pencarian tadi adalah animasi-animasi sangat bagus yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung menjelaskan pelajaran kimia di sma, meskipun untuk halaman pencarian berikutnya masih banyak memberikan hasil bagus. Saya bersyukur sudah mengoleksinya untuk saya manfaatkan di sela pembelajaran saya lakukan bersama siswa saya. Memang tidak semua bisa digunakan sesuai kurikulum yang digunakan di Indonesia tapi kita justru akan mendapatkan informasi lebih banyak dan lebih baik.

Seperti koleksi animasi pada web http://www.chem.iastate.edu/group/Greenbowe/sections/projectfolder/animationsindex.htm. Semua animasi sudah terindeks sesuatu pokok bahasannya. Mantap kan? Tinggal pakai saja. Mau membuat sendiri kalau bisa sih bagus, tapi itu perlu tenaga ekstra dan kemahiran dalam membuat animsi-animasi seperti itu. Jadi kenapa tidak kita pakai yang ada, dan kalau ada waktu kita dapat memodifikasinya.

Oh yah kalau kesulitan mendownload animasi yang kebanyakan berformat flash (swf) sebaiknya menggunakan browser firefox dengan menambahkan extension (add on) flash and video download. Bagaimana cara menggunakannya: buka web yang mengandung file swf (animasi) kemudian klik panah menghadap ke bawah di pojok kanan bawah web browser firefox dan klik lagi nama file animasi tersebut, maka secara otomatis file animasi tersebut akan terdownload secara otomatis.

Sedangkan untuk membuka file animasi dengan format swf, saya rekomendasikan menggunakan flash player standalone ini. Aplikasi ini sangat ringan dan bisa digunakan untuk memainkan animasi secara mandiri (stand alone).

Selamat berburu animasi kimia, mari gunakan yang sudah tersedia untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pelajaran kimia.

sumber
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Blog Kabar Pendidikan

0 Komentar:

 
Support : Majalah Pendidikan | INSPIRE Consulting | Gudang Makalah | Grosir Laptop
Copyright © 2011. Majalah Pendidikan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger