Home » » Artikel Pendidikan: Pengertian Motivasi Belajar

Artikel Pendidikan: Pengertian Motivasi Belajar

Pengertian Motivasi Belajar
Dalam kegiatan belajar mengajar, motivasi dan belajar sangat berhubungan karena tiap-tiap kegiatan belajar dipengaruhi dan didahului oleh motivasi yang timbul dari individu atau pengaruh dari luar individu. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang kuat akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar.

Prayitno (2005: 14) menjelaskan, motivasi belajar sebagai kecenderungan untuk membangkitkan dan mempertahankan kecakapan dalam semua bidang dengan standar kualitas sebagai pedomannya. Sedangkan menurut Dimyati dan Mudjiono (1994: 75) motivasi belajar merupakan kekuatan mental yang mendorong terjadinya proses belajar.

Motivasi belajar ialah keseluruhan daya penggerak psikis di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan (Winkel, 2005: 92). Selanjutnya motivasi belajar siswa memegang peranan penting dalam memberikan gairah atau semangat dalam belajar, sehingga siswa yang bermotivasi kuat memiliki energi banyak untuk melakukan kegiatan belajar.

Berdasarkan beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar merupakan suatu kekuatan mental (dorongan) untuk melakukan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan belajar dan dapat pula diartikan sebagai suatu keseluruhan usaha dari dalam atau luar diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar dapat tercapai. Adanya motivasi yang baik dalam belajar seseorang akan mewujudkan hasil belajar yang baik.

Pentingnya motivasi belajar bagi siswa dan guru (Dimyati dan Mudjiono, 1994:78) adalah:
Pentingnya motivasi belajar bagi siswa (1)Menyadarkan kedudukan pada awal belajar, proses, dan hasil akhir, (2) Menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar, bila dibandingkan dengan teman sebaya, (3)Mengarahkan kegiatan belajar, (4)Membesarkan semangat belajar, (5) Menyadarkan tentang pentingnya perjalanan belajar.

Pentingnya motivasi belajar bagi guru adalah: (1) Membangkitkan, meningkatkan, dan memelihara semangat siswa untuk belajar sampai berhasil, (2) Motivasi belajar siswa di kelas bermacam-macam, dan (3) Meningkatkan dan menyadarkan guru untuk memilih satu di antara bermacam-macam peran seperti sebagai penasehat, fasilitator, instruktur, penyemangat, dan guru pendidikan.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Blog Kabar Pendidikan

0 Komentar:

 
Support : Majalah Pendidikan | INSPIRE Consulting | Gudang Makalah | Grosir Laptop
Copyright © 2011. Majalah Pendidikan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger